Ketika mendesain baju-baju menthik tidak jarang saya menggunakan kain tenun lurik sebagai kombinasi atau bahkan sebagai bahan baju secara keseluruhan, oleh karena itu lurik bagi saya adalah bagian dari warisan budaya kita yang tidak kalah indahnya.

Bahkan tidak hanya indah, proses pembuatannya cukup rumit, memerlukan ketekunan, jiwa yang sabar dan sarat akan nilai rasa seni yang tinggi. Karena lurik yang dikerjakan secara tradisional, diproduksi manual dengan tenaga kerja manusia, untuk itulah biasa disebut tenun ATBM ( alat tenun bukan mesin). Beruntung saya masih bisa mendokumentasikan langsung, di tempat kerajinan tenun lurik Kurnia krapyak di Yogyakarta.

Tahukah kamu bahwa sejatinya karya tenun lurik, dengan garis-garis vertical halus dengan warna-warna nan indah itu , melalui beberapa proses tahapan yang panjang? antara lain :

Proses pewarnaan/celup, sebelum menjadi desain lurik dengan paduan garis yang menark itu, maka benang sebagai bahan baku untuk lurik terlebih dahulu dicelup warna sesuai motif yang akan dibuat, benang-benang tersebut lalu dijemur dan dikeringkan.  Untuk kemudian akan dipintal dalam gulungan benang, dimana proses ini disebut kelos/palet. Berlanjut ke  proses selanjutnya adalah Sekir, pada proses ini bisa disebut sebagai proses paling rumit, ribuan helai benang dipilah-pilah disusun sesuai dengan desain motif yang telah direncanakan. Tidak sampai disitu saja, berlanjut ke proses nyucuk, dimana benang-benang tersebut akan disusun dalam alat tenun, biasanya akan dikerjakan oleh 2 orang , satu bagian memilah dan asistennya yang akan membantunya merapikan dalam gulungan siap tenun. Nah, baru dech  dimulai proses tenun , hingga menjadi lembaran kain untuk dijadikan bahan baju ataupun karya menarik lainnya. Gimana, jadi tahu kan ?

Semoga jadi tahulah kita betapa harga selembar kain tenun itu telah melalui kerja keras para perajin tenun yang tidak kenal lelah. Para perajin yang  setia memelihara warisan budaya, supaya tetep lestari.

Demikian juga kita dengan mengenakan dan bangga memakainya, maka secara tidak langsung kita turut menjaga agar karya anak bangsa ini, tetap terjaga dan menjadi kebanggan kita Bersama. /ES

 

 

 

 

 

 

proses pewarnaan
hasil pewarnaan
nyucuk
mesin tenun
menenun
proses tenun
proses tenun